2025, Tasikmalaya Pusat Perdagangan di Jabar

JAKARTA, KRJOGJA.com – Walikota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, merencanakan pada tgahun 2025 mendatang kota Tasikmalaya akan menjadi pusat industri dan perdagangan nomor satu untuk wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. Hal ini didukung 4500 industri  kreatif dan industri kuliner dengan 10 produk unggulannya yang dinilai bisa mewujudkan rencana tersebut.

"Rencana jangka panjang kami, pada 2025 Tasikmalaya akan menjadi pusat  industri dan perdagangan untuk kawasan Jawa Barat," kata Budi Budiman disela-sela acara Taksikmalaya October Festival (ToF) di Jakarta, Rabu (04/10/2017).

Selain itu, tambahnya, Tasikmalaya juga berencana menjadikan daerah tersebut menjadi kota kuliner halal pertama di Indonesia. "Kami ingin Tasikmalaya menjadi kota kuliner halal pertama di Indonesia, karena semua kuliner yang ada di Tasik itu halal, " tegasnya.

Untuk mewujudkan rencana semua itu, menurut Budi, akan diselengarakan  Tasik Invesment Expo and Conference (TIEC) 2016 yang dihadiri 45 delegasi dari 3 negara anggota ASEAN (Singapura, Filipina,  dan Malaysia) serta 5 negara non-ASEAN (Jerman, Belgia, Italia, Palestina,  dan Afrika Selatan) pada Oktober 2016. “Sebagai rangkaian dari kegiatan internasional itu juga digelar Tasik Creative Festival (TCF) sarana mempromosikan produk kreatif Kota Tasikmalaya dan Tasik Culture Carnival (TCC)  merupakan event promosi khasanah budaya local,” katanya.

Budi Budiman juga berharap dengan diselenggarakannya ToF 2017 ini juga akan membantu rencana jangka panjang tersebut, apalagi Tgof kali ini akan menampilkan berbagai Pameran Produk Kreatif (Tasik Kreative Festival),  Pameran Produk Kuliner (Tasik Halal Culinary Festival), Talk Show Kerjasama Pengembangan Investasi (Tasik Investment Expo and Conference), Parade Budaya / Carnaval Budaya (Tasik Culture Festival), Tasikmalaya Great Sale, dan pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI