2030, 100 Ribu Eksportir Baru Disiapkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprakarsai Gerakan Ekspor Nasional (GEN). Peluncuran gerakan ini dilakukan di ajang Trade Expo Indonesia 2018, di ICE BSD, Tanggerang Selatan, Banten.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno dalam keterangannya mengatakan, upaya ini sejalan dengan program pemerintah untuk mendongkrak ekspor nasional, untuk meningkatkan minat menjadi eksportir di kalangan generasi muda khususnya di perguruan tinggi dan UKM/IKM.

Kadin berharap GEN dapat melahirkan 100.000 eksportir baru atau pemula sampai tahun 2030. Dengan demikian diharapkan target ekspor Indonesia akan meningkat hingga 500 persen pada tahun 2030 bisa tercapai.

"Kami mendukung penuh pemerintah dalam upaya meningkatkan ekspor. Kita harapkan akan muncul para pelaku ekspor yang baru, sehingga ada diversifikasi produk atau pasar barang ekspor Indonesia ke negara-negara non tradisional maupun memasuki pasar-pasar tradisional, termasuk Amerika Serikat dan China," kata dia, Kamis (25/10/2018) malam.

"Yang sudah biasa ekspor silakan. Yang menjadi keprihatinan kita bagaimana melahirkan eksportir baru," imbuhnya.

Selain diversifikasi produk ekspor, kata dia, pengembangan pasar ekspor, peningkatan harga ekspor dan pengembangan ekosistem ekspor menjadi empat pilar strategi untuk mengembangkan ekspor nasional.(*)
 

BERITA REKOMENDASI