2,4 Juta Guru Honorer Bakal Dapat BLT

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menargetkan penerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi upah guru honorer di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) mencapai lebih dari 2,4 juta orang.

“Bantuan untuk guru honorer di Kemendikbud dan Kemenag totalnya lebih dari 2,4 juta orang,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan pemerintah akan memberikan BLT sebesar Rp1,8 juta untuk masing-masing penerima. Dana itu akan langsung ditransfer ke rekening penerima.

“Kami mengetahui ini adalah suatu suasana yang tidak biasa, extraordinary. Makanya, pemerintah bantu masyarakat dengan ini (BLT),” tutur Sri Mulyani.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut penyaluran BLT di lingkungan Kemendikbud mulai dilakukan hari ini. Total sasaran penerima mencapai 2,03 juta orang.

Bila dirinci, dosen di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) sebanyak 162 ribu, guru dan pendidikan pada satuan pendidikan negeri dan swasta sebanyak 1,63 juta orang, dan tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi sebanyak 237 ribu orang.

Ia mengaku akan melakukan verifikasi data secara rinci sebelum mencairkan BLT. Hal ini untuk meminimalisir penyaluran BLT yang salah sasaran. (*)

BERITA REKOMENDASI