25 Proyek Senilai Rp 290 T Dapat Libur Pajak

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Keuangan menyebut sudah terdapat 25 proyek investasi bernilai Rp290,6 triliun yang mendapatkan fasilitas libur pajak atau pembebasan Pajak Penghasilan (PPh) badan. Nilai tersebut merupakan akumulasi sejak April 2018 hingga 16 Juni 2019, atau sejak aturan tax holiday berlaku.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan investasi ini terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). PMA tersebut terdiri dari beberapa negara seperti China, Hong Kong, Singapura, Jepang, Belanda, Malaysia, Korea Selatan, British Virgin Island, dan Thailand.

"Dan dari investasi ini setidaknya bisa membuka pekerjaan hingga 16 ribu orang, yang kami hitung sejak aturan tax holiday terbaru terbit hingga saat ini," jelas Sri Mulyani.

Ia melanjutkan investasi ini tersebar di 16 lokasi di seluruh Indonesia, seperti Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, hingga Jawa Tengah. Investasi tersebut bergerak di sektor ketenagalistrikan, industri logam dasar hulu, industri kimia dasar organik, dan industri kimia dasar organik dari pertanian.

Sri Mulyani tak menyebut nama-nama perusahaan yang dimaksud. Namun, angka ini jauh lebih baik ketimbang implementasi sebelumnya melalui PMK Nomor 159 tahun 2015, di mana tidak ada satu pun perusahaan yang tertarik mengambil tax holiday dari pemerintah.

"Dan semua tax holiday ini diberikan kepada investasi di sektor strategis sesuai dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)," imbuh dia.

Selain tax holiday, mantan direktur pelaksana bank dunia ini juga sudah menerbitkan tujuh Surat Keputusan (SK) terkait fasilitas pengurangan Penghasilan Kena Pajak (PKP) atau biasa disebut tax allowance, sepanjang tahun ini. Dengan demikian, jika diakumulasi sejak 2007, sudah ada 156 proyek investasi yang mendapatkan fasilitas tax allowance. (*)

BERITA REKOMENDASI