265 Atlet Bulutangkis Siap Bersaing di Caffino Superliga Junior 2019

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekitar 265 atlet bulutangkis kelompok usia 17 tahun (U-17) dan (U-19) dari 6 negara akan ambil bagian pada Kejuaraan bulutangkis beregu Caffino Superliga Junior 2019 yang akan digelar 15-20 Oktober mendatang di GOR Djarum, Magelang.

Ahmad Bufiharto, Direktur Superliga mengatakan peserta Caffano Superliga Junior tahun ini selain Indonesia juga diikuti prbulutangkis Malaysia, Jepang, Cina Taipei, Singapura dan Thailand dengan memperebutkan Piala Haryanto Arbi untuk U17 putra, Piala Yuni Kartika (U17) putri ditambah dengan hadiah uang sebesar Rp 50 juta untuk juara, runner up Rp 25 juta, juara III Rp 15 juta. Selain itu Piala Liem Swie King untuk U19 putra, Piala Susi Susanti (U19) putri ditambah hadiah uang Rp 100 juta untuk juara, runnetr up  Rp 50 juta dan juara III Rp 25juta.

Seperti tahun sebelumnya, Ahmad Budiharto yang juga Sekjen PP. PBSI mengatakan Kejuaraan ini menggunakan format beregu Thomas-Uber untuk kategori U 17 dan U 19. Sistem ini mempertandingkan lima partai terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda.

Diharapkan melalui Kejuaraan Bulutangkis Superliga Junior tersebut, pebulutangks muda Indonesia akan memiliki pengalaman tanding yang bagus karena ditempa mental dan daya juangnya melawan pemain asing, sebelum masuk level senior.

"Superliga Junior merupakan turnamen beregu yang akan menguji mental para pemain mudq dalam format kejuaraan beregu. Sehingga diharapkan mereka memiliki jam terbang dan pengalaman ketika mereka tampil di turnamen yang lebih besar," kata Ahmad Budiharto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/10).

Dijelaskannya pula, Superliga Junior 2019 diikuti pebulutangkis dari klub nasional dan internasional untuk U-19 diikuti klub Exis,  Djarum Kudus,  Muiara Cardinal Bandung, Jatim United, Blibli. Com dan beberapa klub asia, seperti Harimau Muda (Malaysia), Kumamoto (Jepang), Granular (Thailand), Singapura Badminton Association (Singapura)  dan Taiwan High School.

Sedangkan untuk U17, terdapat 9  klub yang akan bertanding. Diantaranya, Djarum Kudus, Exis, Jaya Raya, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Sarwendah. Harmau Muda (Malaysia) dan Kumamoto (Jepang).

Ketua Umum. PP. PBSI, Wiranto berharap kejuaraan ini dijadikan kesempatan bagi pebulutangkis muda Indonesia, sebagai ajang mengasah diri dan membentuk karakter sebagai pebulurangkis profesional.

"Keunggukan turnamen ini bagi para pebulutangkis muda adalah format beregu dimana atlet kira tidak harua rampil kemampuan terbaik diatas lapangan,  tapi juga membangun nilai kekompakan,  kerjasama, solidaritas sebagai tim. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini sebagai ajang membangun diri lebih baik, terutama bagi pebulutangkis yang hendak masuk level senior, " ujar Wiranto. (sim)

 

BERITA REKOMENDASI