28 Daerah Dekati Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Zona oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 diminta memperketat penanganan Covid-19 di wilayahnya. Pasalnya, zona oranye bukanlah zona yang aman untuk ditempati dan sangat berpotensi berubah menjadi zona merah atau daerah risiko tinggi.

Menurut Satuan Tugas Penanganan Covid-19, sayangnya zona oranye saat ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah daerah yang berada di zona ini tercatat mencapai 378 kabupaten/kota.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan secara khusus pihaknya menyoroti 28 kabupaten/kota yang skornya hampir mendekati zona merah. “Dan zona kuning 2,41 -3 dan zona hijau lebih dari 3,” jelasnya.

Pada skor 1,81 ada empat daerah di antaranya di Mihasa Selatan (Sumatera Utara), Sumba Tengah (NTT), Banyumas (Jawa Tengah) dan Kota Bekasi (Jawa Barat). Skor 1,82 ada lima daerah di antaranya berada di Gunung Mas dan Barito Timur (Kalimantan Tengah), Bekasi (Jawa Barat), Jakarta Utara (DKI Jakarta) dan Kota Palembang (Sumatera Selatan).

Kemudian skor 1,83 ada 2 daerah yakni Jepara (Jawa Tengah) dan Bandung (Jawa Barat). Skor 1,84 di Mukomuko (Bengkulu) dan Kota Medan (Sumatera Utara). Skor 1,85 ada empat daerah yakni Kapuas (Kalimantan Tengah), Kota Kediri (Jawa Timur), Karanganyar dan Pati (Jawa Tengah). Skor 1,86 di Grobafab (Jawa Tengah) dan Bengkulu Utara (Bengkulu).

Kemudian daerah dengan skor 1,87 yakni Pamekasan (Jawa Timur). Skor 1,88 ada di Gowa (Sulawesi Selatan), Kota Pangkal Pinang (Kep Bangka Belitung) dan Lampung Selatan (Lampung).

Skor 1,9 berada di Mimika (Papua), Ngawi dan Lamongan (Jawa Timur), serta Magelang dan Pekalongan (Jawa Tengah). (*)

BERITA REKOMENDASI