297,6 Mg Sianida Masuk ke Tubuh Mirna

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Terungkap korban Wayan Mirna Salihin diperkirakan telah meminum 20 ml es kopi Vietnam dengan kandungan sianida 297,6 mg berdasarkan uji coba yang dilakukan tim Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri.

"Dari 20 kali percobaan, rata-rata ada 20 ml setiap kali sedotan. Untuk ukuran gelas dari Kafe Olivier, kira-kira satu kali sedot sekitar 20 ml dengan kandungan 297,6 mg NaCN (kalium sianida)," kata Ahli forensik toksikologi kimia dan biologi dari Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri, Kombes Pol Nur Samran Subandi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (03/08/2016).

Nur Samran menjelaskan untuk meracuni manusia dengan bobot 60 kg menggunakan sianida dengan dosis mematikan diperlukan sebanyak 171,42mg sianida. Zat sianida lebih mudah larut dalam air dibandingkan gula dan garam.

Dengan demikian, kadar sianida dalam 20 ml es kopi vietnam yang diminum Mirna sudah melebihi dosis paling mematikan untuk manusia dengan bobot 60 kg. "Berdasarkan perhitungan itu, jumlah NaCN yang diminum korban lebih besar dari dosis yang mematikan," tandas Nur Samran. (*)

BERITA REKOMENDASI