3 Cara Efektif untuk Optimalkan Manfaat Asuransi Perjalanan, Apa Saja?

Editor: Agus Sigit

Tak sedikit orang masih menganggap jika manfaat asuransi perjalanan tidak terlalu penting didapatkan. Padahal, ada banyak risiko dan masalah yang mungkin saja terjadi saat sedang melakukan perjalanan.

Oleh karena itu, agar mampu mengantisipasinya, asuransi perjalanan perlu dijadikan sebagai salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi saat Anda akan bepergian.

Melalui asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat perlindungan yang bisa membuat aktivitas liburan atau bepergian terasa lebih aman dan nyaman. Beberapa contohnya adalah jaminan perlindungan terhadap risiko kecelakaan, kehilangan barang, hingga pembatalan tiket pesawat dan semacamnya.

Di samping itu, premi asuransi perjalanan juga umumnya sangat terjangkau sehingga tidak sulit untuk menyisipkannya pada anggaran yang telah disiapkan. Hanya saja, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar manfaat dari produk keuangan tersebut bisa menjadi lebih optimal didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak 3 cara efektif mengoptimalkan manfaat dari asuransi perjalanan berikut ini.

1. Sesuaikan Masa Berlaku Pinjaman dengan Durasi Perjalanan

Berbeda dengan kebanyakan produk asuransi, asuransi perjalanan umumnya hanya diperlukan untuk sementara waktu atau jangka pendek saja. Dalam kata lain, manfaat perlindungan tersebut hanya dibutuhkan selama Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat saja.

Selepas dari perjalanan dan sudah kembali pulang, manfaat dari asuransi perjalanan tidak akan diperlukan lagi. Oleh karena itu, agar mampu mengoptimalkan manfaatnya,

sesuaikan masa berlaku produk keuangan tersebut dengan periode atau durasi perjalanan saja.
Meski begitu, jangan hanya mengajukan asuransi perjalanan untuk memberi perlindungan ketika Anda menggunakan layanan transportasi saja. Sebagai contoh, tak sedikit orang membeli produk keuangan tersebut untuk memberi jaminan perlindungan hanya saat berada di pesawat atau in flight.

Padahal, ada beragam risiko yang bisa saja terjadi saat Anda berada di tempat tujuan liburan dan dapat mengancam rencana perjalanan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengajukan produk asuransi ini dengan masa berlaku sesuai durasi perjalanan, mulai dari awal keberangkatan hingga perjalanan pulang ke rumah. Barulah dengan begitu manfaat dari asuransi perjalanan bisa didapatkan secara maksimal.

2. Cek Ketentuan Asuransi Perjalanan Terkait Manfaat Perlindungan di Kota Maupun Negara Tujuan

Cara yang kedua untuk mengoptimalkan manfaat dari asuransi perjalanan adalah memastikan jaminan perlindungan yang diberikan dapat diklaim di kota maupun negara tujuan perjalanan. Di sisi lain, perusahaan asuransi perjalanan juga umumnya memberlakukan aturan yang berbeda pada polis berdasarkan dengan tempat yang dituju oleh nasabahnya.

Sebagai contoh, premi dari asuransi perjalanan dengan tujuan negara di Asia tentu berbeda dengan Eropa. Adanya perbedaan tersebut diakibatkan dari perbedaan tingkat risiko serta nominal biaya yang bakal ditanggung oleh penyedia asuransi saat risiko buruk dialami oleh nasabah.

Seperti yang Anda ketahui, biaya perawatan rumah sakit di Asia relatif lebih terjangkau ketimbang biaya pengobatan di Eropa. Nah, untuk menanggulangi perbedaan biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi inilah mengapa premi asuransi perjalanan ke wilayah Asia dan Eropa sedikit banyak memiliki perbedaan.

3. Perhatikan Cakupan Perlindungan yang Diberikan agar Sesuai Kebutuhan

Hal terakhir yang wajib diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan adalah cakupan dan kualitas jaminan perlindungan yang diberikan. Tentunya, Anda perlu memastikan bahwa manfaat perlindungan yang disediakan oleh produk keuangan tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan.

Pada dasarnya, setiap produk asuransi perjalanan mempunyai sejumlah tingkatan terkait kualitas manfaat yang disediakan. Tingkatan tersebut pastinya sangat berpengaruh terhadap biaya premi serta total biaya pertanggungan yang bakal diberikan oleh perusahaan asuransi. Nah, tugas Anda adalah mencari produk yang mampu memberi manfaat perlindungan sesuai dengan segala kebutuhan dan keinginan selama di perjalanan.

Namun, secara umum, manfaat yang wajib disediakan oleh asuransi perjalanan adalah perlindungan medis, pertolongan darurat seperti pemulangan jenazah atau evakuasi medis, hingga kecelakaan selama di perjalanan. Selain itu, cek pula jaminan pertanggungan terhadap masalah yang kerap terjadi di perjalanan, seperti, penundaan maupun pembatalan penerbangan, kerusakan atau kehilangan bagasi, hingga kehilangan dokumen penting.

Jika dirasa seluruh risiko masalah yang mungkin terjadi selama di perjalanan telah ditanggung oleh asuransi, artinya layanan tersebut layak untuk dipilih. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa aktivitas bepergian dapat berlangsung aman dan nyaman, serta bebas rasa khawatir karena semua risiko buruk yang mungkin terjadi telah dilindungi oleh asuransi.

Jadikan Aktivitas Berlibur Bebas Hambatan dan Rasa Khawatir dengan Perlindungan Asuransi Perjalanan

Itulah 3 cara yang bisa diaplikasikan untuk mengoptimalkan manfaat dari asuransi perjalanan. Mampu memberikan perlindungan dari berbagai macam risiko masalah yang mungkin terjadi selama bepergian, produk keuangan ini wajib masuk ke dalam rencana anggaran perjalanan. Jadi, Anda pun bisa menjalankan aktivitas tersebut dengan lebih aman, nyaman, dan juga bebas beban pikiran.

BERITA REKOMENDASI