38 Daerah Beralih Masuk Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 mencatat ada 38 daerah kabupaten kota di Indonesia berpindah dari zona risiko sedang (zona oranye) menjadi zona risiko tinggi (zona merah).
Perubahan ini berdasarkan laporan mingguan Satgas per 20 September.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, dari 38 daerah tersebut, ada 10 kabupaten kota yang sebenarnya bisa diturunkan menjadi zona oranye karena angka mendekati zona oranye.

Kota-kota itu yakni Kota Tangerang, Kota Probolinggo, Kota Pekalongan, Kota Cirebon, Jakarta Selatan, Kutai Kertanegara, Lahat, Aceh Selatan, Kotabaru, dan Kota Waringin Timur.

“Kami berharap agar 10 kabupaten kota ini bisa berubah minggu depan menjadi zona oranye,” ujar Wiku dalam Konferensi Pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9).

Sementara itu, total zona merah pekan ini sebanyak 51 kabupaten kota karena ada sekitar 28 daerah yang turun ke dari status zona merah.

Sedangkan, zona oranye sebanyak 304 kabupaten kota, zona kuning 129 kabupaten kota, dan zona hijau terdiri dari daerah tidak terdampak dan tidak ada kasus baru berjumlah 41 kabupaten kota. (*)

BERITA REKOMENDASI