5 Kapal Navigasi Kemenhub Rampung Juni 2017

BATAM (KRjogja.com) – Direktorat Navigasi Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera memiliki armada kapal baru guna memperkuat sistem pengawasan kenavigasian di wilayah perairanIndonesia. Saat ini, lima unit kapal yang dipesan dan dibangun di PT Palindo Marine sudah mencapai 80% dan diperkirakan selesai pada Juni 2017.

"Kami manargetkan waktu pengerjaan hanya dalam 549 hari atau lebih cepat 111 hari dari masa kontrak pengerjaan 660 hari yang harusnya selesai Desember 2017," kata Agus, Staf Enginering PT Palindo Marine.

Ditegaskan Agus, dengan pengalaman yang dimiliki pihaknya menjamin kualitas kapal navigasi yang dikerjakan sesuai spesifikasi. Adapun spesifikasi lima kapal navigasi pesanan Kemenhub, yakni panjangnya 80 meter, lebar 12 meter, tingginya 4,7 meter dengan kecepatan mencapai 15 knot dan jarak jelajah kapal 4.000 nautical mile (NM).

Pembuatan kapal navigasi Kemenhub ini, lanjut Agus, dikerjakan oleh 200 karyawan dari total 500 karyawan PT Palindo Marine dan seluruhnya  merupakan putra-putri terbaik negeri ini yang memiliki kemampuan teruji di bidangnya masing-masing. 

Direktur Navigasi Kemenhub melalui Kasi Pembangunan Armada dan Pangkalan Direktorat Navigasi, Faisal mengatakan, lima kapal yang dibangun dengan anggaran Rp 618.25 miliar tersebut rencananya akan ditempatkan di Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Distrik Navigasi Kelas I Ambon, Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Distrik Navigasi Kelas II Benoa dan Distrik Navigasi Kelas III Merauka. “Kapal ini nantinya untuk memperkuat sistem pengawasan kenavigasian di perairan Indonesia,” ujarnya. (Imd)
        
 

BERITA REKOMENDASI