5 Soal Assesment Dititipkan dalam UN

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 5 soal di asesmen pengganti ujian nasional (UN) akan  dititipkan di dalam soal ujian nasional .

Demikian Kepala Balitbang Kemdikbud Totok Suprayitno di Jakarta. " Akan kita titipkan di dalam soal UN,dengan contoh soal atau item asesmen yang akan dipakai 2021 nanti" demikian Totok.

Titipannya ada 5 item untuk 'reading', (bacaan literasi ) ada 5, Matematika ada 5 pola,'multiple-choice ' ada multiple-choice complek ada, mengurutkan salah benar. Ada juga soal isian, atau uraian untuk menganalisis jadi pola seperti apa itu nanti kita titipkan di UN.

"kita titipkan juga di guru waktu gladi resik un, supaya gurunya melihat juga pengelolaan survey karakternya kita titipkan situ supaya guru juga mulai melihat siswa melihat siswa nanti melihat guru kan otomatis melihat," tegas Totok.

Menurut Totok titipan 5 soal ini tetapi tidak mempengaruhi skornya. Namun, mencoba tidak mempengaruhi skor sehingga harapannya itu bisa buat bahan renungan bagi guru.

"Berimajinasi akan bagaimana ke depan. Saya akan mencoba membuat soal sejenis ini. mencoba bagaimana mengajarkan anak supaya lebih imajinatif mengarahkan kompetensi bernalar seperti itu. ini salah satu cara kita utk mengenalkan itu supaya guru meresapi dan memperbaiki dirinya. Ujar Totok.

Di UN, kata Totok  soalnya tetap 40 yang menjadi skor itu, ini hanya titipan untuk pengenalan saja. di luar UN. Tetapi dititipkan di sesi apa, mungkin di sesi bahasa atau apa tambahan paling sekitar 30 menit utk siswa diminta mencoba soal baru.  "Ini tidak mempengaruhi skor tapi harapannya siswa tetep serius supaya kita bisa refleksi" ujar Totok. (Ati)

 

 

BERITA REKOMENDASI