5 WNI Diduga Hendak Masuk Suriah Diamankan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia mengamankan lima warga negara Indonesia (WNI) yang dideportasi oleh otoritas keamanan Turki karena diduga hendak memasuki wilayah Suriah. Analis Kebijakan Madya Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Sulistyo Pudjo mengatakan, awalnya pihaknya mengamankan tiga orang WNI dengan inisial MH, LW, dan M.

“Mengamankan deportan tiga orang. (Mereka) dideportasi oleh otoritas Turki karena diduga hendak masuk ke wilayah Suriah,” kata Pudjo di Markas Besar Polri.

Dia tidak menjelaskan secara detail terkait motivasi ketiga WNI memasuki wilayah Turki, apakah hendak bergabung dengan kelompok militan ISIS atau tidak. Pudjo hanya mengatakan, ketiga WNI berangkat dengan dana sendiri hasil penjualan sejumlah barang pribadi masing-masing.

Ketiganya berangkat setelah menjalin komunikasi via media sosial Instagram dan Telegram. Selain itu, menurut dia, pihaknya mengamankan seorang WNI berinisial SY yang hendak berangkat ke Suriah dengan motivasi hijrah, memberikan bantuan kemanusiaan, dan jihad. (*)

BERITA REKOMENDASI