5000 Pengungsi Gunung Agung Mulai Terserng Penyakit

KLUNGKUNG, KRJOGJA.com – Jumlah pengungsi aktifitas Gunung Agung, hingga kini terus bertambah, meski fasilitas telah disiapkan pemerintah. Saat ini tercatat sebanyak 5 ribu orang pengungsi mulai terserang penyakit.

Berdasarkan data yang dirilis Menteri Kesehatan Nila Moeloek, melalui posko kesehatan saat ini sudah ada 5.000 jiwa. Beberapa warga mulai terserang beberapa penyakit seperti sakit kepala, perut hingga paru-paru.

"5.000 orang itu hanya sakit dasar. Tadi juga ada anak-anak yang sakit paru-paru dan sudah dirujuk,"ungkapnya di Pos Pengusian Gor Sweca Pura, Klungkung, Selasa (26/9/2017).

Dia mengaku, saat ini ada 114 titik posko kesehatan yang tersebar diberbagai pos pengungsian.

Dia mengatakan, sejauh ini untuk obat-obatan stoknya cukup. "Insyallah stok obatnya cukup. Obat-obatan ini dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat,"jelasnya

Menkes Nila menerangkan, yang terpenting saat ini obat-obatanya cukup dulu jangan berlebihan. "Sesuai dengan laporan dinas kesehatan bahwa obat-obatan ini yang terpenting cukup. Bila nanti kurang kami akan mengirimkannnya,"pungkasnya.

Seperti diketahui saat ini jumlah pengungsi mencapai 50 ribu orang, dan diperkirakan masih akan terus bertambah. Dikabarkan sebelumnya bahwa status Gunung Agung meningkat sejak Jumat 22 September 2017. (*)

BERITA REKOMENDASI