6 Tips Menata Dapur dan Ruang Makan pada Hunian Minimalis

Editor: Agus Sigit

Hunian pada area terbatas, seperti apartemen ataupun rumah tipe 36,  memerlukan strategi yang tepat dalam mengatur tata ruang agar tidak terasa sempit. Misalnya, menyatukan antara area dapur dan ruang makan. Cara ini bisa menjadi solusi cerdas untuk membuat rumah terasa lega, sekaligus menyatukan kedua area yang kegiatannya saling berkaitan.

Solusi rumah kecil seperti ini, awalnya diterapkan para arsitektur dari luar negeri, seperti Jepang dan Singapura. Seiring berjalannya waktu, metode desain ruangan yang multifungsi mulai berkembang di Indonesia.

Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyatukan dapur dan ruang maka agar memiliki fungsi yang maksimal, tanpa harus mengurangi estetika.

  1. Pilih Meja Makan dengan Desain Compact

 Agar ruang makan dan dapur tetap terlihat megah pada hunian yang terbatas, Anda bisa menggunakan furnitur yang dapat memaksimalkan area, seperti meja makan lipat.

Selain itu, Anda bisa menambahkan cermin pada area dinding ruang makan dan dapur untuk membuat ilusi pada ruangan agar terlihat lebih besar.  Pastikan juga Anda memilih pencahayaan yang tepat untuk membuat area ini terlihat semakin luas.

  1. Mengaplikasikan Konsep Open Space

Salah satu kunci yang membuat ruangan minimalis terasa luas adalah menggunakan konsep open space atau tanpa sekat. Bila ruangan terlihat lebih luas, tentu dapat mengakomodasi gaya hidup penghuni rumah modern yang senang bersosialisasi bersama keluarga ataupun teman.

Namun, bila Anda tetap ingin menggunakan sekat, Anda bisa memakai furniture yang multifungsi, seperti lemari buku, atau kabinet rendah.  Selain itu, Anda juga dapat memilih furnitur dengan sekat terbuka, yang bisa langsung menyambungkan kedua area sekaligus.

  1. Menggunakan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, Anda dapat menggunakan ruang penyimpanan tersembunyi, yang berada di balik tembok ruang makan atau area dapur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lemari berukuran besar yang multifungsi, untuk menyimpan berbagai peralatan makan, peralatan memasak, serta perlengkapan dapur lainnya. Solusi ini sangat tepat buat hunian dengan area terbatas sehingga bisa terlihat lebih rapi setiap saat.

  1. Menggunakan Built-in Cabinet

Mengaplikasikan kabinet pada area dapur bisa membuat ruangan dengan luas yang terbatas jadi lebih efisien, serta terlihat lebih rapi, dan terstruktur.  Gaya ini sendiri sudah banyak diadopsi pada hunian modern berukuran mungil, yang menyatukan area dapur dan ruang makan.

Untuk melengkapinya, Anda dapat memilih meja serbaguna, yang bisa menjadi tempat persiapan memasak ataupun sebagai tempat bersantap yang nyaman.

  1. Melakukan Kurasi Barang

Jumlah barang yang menumpuk pada area dapur atau ruang makan dapat memakan banyak tempat, serta memberikan kesan sumpek. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih antara barang yang masih berfungsi dengan baik dan sudah tidak terpakai. Lalu, Anda bisa membuang peralatan yang sudah tidak dapat digunakan kembali.

Anda juga bisa mempertimbangkan buat memilih peralatan yang multifungsi untuk digunakan sehari-hari. Apalagi, saat ini sudah banyak peralatan masak yang multifungsi. Jadinya, area dapur dan ruang makan bisa terlihat lebih rapi.

  1. Memberikan Ruang Sirkulasi Udara

Terakhir, pastikan area dapur memiliki ventilasi yang cukup agar uap atau asap yang dihasilkan yang dihasilkan dari proses memasak tidak terperangkap di dalam rumah.  Jadinya, suasana pada area dapur dan ruang makan tetap terasa lebih nyaman.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan pintu geser, yang dapat menjadi pembatas antara area dapur dan outdoor, seperti area taman belakang. Selain itu, Anda bisa menambahkan dekorasi tanaman pada kabinet dapur untuk menambah kesegaran pada ruangan tersebut.

Itu dia enam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan ruangan sempit agar terasa lebih luas dan berfungsi maksimal.  Anda bisa menemukan berbagai pilihan furniture yang tepat dan berkualitas melalui Informa Online.

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI