61 Ribu Koperasi di Seluruh Indonesia Bakal Dibekukan

JAKARTA (KRjogja.com) – Sebanyak 61 ribu koperasi di seluruh Indonesia terancam dibekukan. Dari jumlah tersebut, sekitar 9.968 koperasi berada di wilayah Jawa Barat.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Agus Muharram, mengatakan hal menyusul implementasi program reformasi koperasi yang dibesut oleh pihaknya.

Saat ini payung hukum dalam bentuk Ketetapan Menteri (Kepmen) sedang disusun dan diproyeksikan selesai bulan ini. Dengan demikian, mulai bulan depan koperasi non-aktif sudah mulai dibekukan.

"Teknisnya, badan hukum koperasi yang terancam dibekukan akan diumumkan melalui Dinas Koperasi. Mereka diberi waktu tiga bulan. Jika tidak ada respons, mereka secara resmi akan dibekukan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

‎Menurut dia, pembekuan koperasi nonaktif tersebut merupakan bagian dari reformasi total koperasi, dengan melakukan reorientasi dari kuantitas ke kualitas. Target Kementerian Koperasi, ke depan tidak ada lagi koperasi yang sekadar papan nama.

"Yang terpenting adalah jumlah anggota koperasi yang sejalan dengan nilai transaksi mereka dalam koperasi masing-masing, bukan jumlah koperasi. Umumnya, koperasi yang nonaktif terkendala masalah SDM, mulai dari attitude hingga rendahnya kemampuan manajerial mereka," pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI