65 Titik Panas Muncul di Sumatera

Editor: Ivan Aditya

PEKANBARU (KRjogja.com) – Sebanyak 65 titik panas terdapat di Sumatera dengan tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lebih dari 50 persen. Jumlah titik panas tersebut mengalami kenaikan dibanding pantauan terakhir 51 titik panas.

"Hampir 94 persen atau 61 titik panas dari total 65 jumlah titik, terkosentrasi di Provinsi Riau. Sisanya di Provinsi Lampung terdeteksi tiga titik dan Provinsi Sumatera Barat satu titik," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Sabtu (27/08/2016).

Slamet berujar, 61 titik panas di Riau tersebar pada lima kabupaten yakni Rokan Hilir 36 titik, Siak 13 titik, Bengkalis sembilan titik, Rokan Hulu dua titik, dan Kampar satu titik. Terdapat empat daerah yang terdeteksi oleh satelit dengan jumlah total 49 titik diantaranya, merupakan titik api karena miliki tingkat kepercayaan lebih dari 70 persen atau berpotensi karlahut.

"Ke-49 titik api itu berada di Rokan Hilir 31 titik, Siak terpantau 10 titik api, Bengkalis tujuh titik, dan Kampar satu titik," ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI