70 Daerah Masuk Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jumlah zona merah atau risiko tinggi penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia kembali meningkat. Tercatat, pekan ini terdapat 70 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori zona merah atau berisiko tinggi penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah daerah itu meningkat signifikan dibanding pekan lalu. Berdasarkan data Satgas, pada pekan sebelumnya, hanya 54 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori zona merah.

“Setelah di minggu sebelumnya kabupaten kota di zona merah jumlahnya signifikan menurun, ternyata pada minggu ini angkanya kembali meningkat,” kata Wiku.

Menurut Wiku, jika dilihat lebih lanjut terdapat 39 kabupaten/kota yang pada minggu ini berpindah dari zona oranye menjadi zona merah. Di sisi lain, Wiku mengatakan jika jumlah daerah zona oranye atau risiko sedang mengalami penurunan dari 388 menjadi 374 kabupaten/kota. Namun, penurunan ini juga terjadi di zona kuning dan zona hijau.

Menurutnya, kabupaten kota dengan risiko rendah atau zona kuning turun dari 57 menjadi 56 kabupaten/kota. Sementara zona hijau atau tidak ada kasus baru turun dari 11 menjadi 10 kabupaten/kota. (*)

BERITA REKOMENDASI