85 Persen Kasus Kematian Covid-19 Dominan 45 Tahun Keatas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito membeberkan rangkuman data yang dikumpulkan dalam beberapa waktu belakangan ini terkait penanganan Covid-19. Hasil rangkuman tersebut diantaranya menunjukkan kelompok usia yang paling rentan meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

Wiku mengungkapkan, kelompok yang paling rentan dan berbahaya jika terpapar Covid-19, adalah mereka yang berusia di atas 45 tahun. Dari hasil amatan tim Gugus Tugas, sebanyak 85 persen yang meninggal dunia akibat Covid-19 merupakan kalangan berusia diatas 45 tahun.

“Jadi kolom yang berwarna abu-abu, dan berwarna biru muda itu adalah sebelah kanan kotaknya. Menunjukkan kasus-kasus yang meninggal usianya di atas 45 tahun ternyata total gabungannya itu adalah 85%. Jadi ini adalah informasi yang penting,” kata Wiku saat diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Dengan demikian, Wiku meminta agar masyarakat menjaga kelompok yang berusia 45 tahun dari paparan virus corona. Sebab, orang-orang yang berusia 45 tahun ke atas paling rentan jika terkena Covid-19.

“Kalau kita tahu seperti ini, maka yang harus dilakukan tentunya kita harus melindungi orang-orang yang berusia lanjut, kelompok usia lanjut. Karena 85 persen terutama usia di atas 60 tahun ini sangat tinggi,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI