90 Gempa Susulan Terjadi di Sulawesi Tengah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat ada 90 kali gempa susulan yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah masih terjadi hingga Sabtu (29/09/2018).

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar M&G Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilyah Makasar, Siswanto mengatakan 90 gempa susulan yang terjadi dengan magnitudo berbeda. Berdasarkan data gempa yang tercatat di BMKG Wilayah IV Makassar, gempa berkekuatan di bawah empat skala richter (SR) terjadi sebanyak 19 kali.

Kemudian gempa berkekuatan di bawah 5.0 SR terjadi sebanyak 56 kali dan gempa di atas 5.0 SR terjadi sebanyak 15 kali, sehingga keseluruhan gempa susulan sebanyak 90 kali. "Untuk gempa susulan ini yang kami catat hingga pukul 12.00 Wita. Kami di BMKG masih terus memantau perkembangannya," kata Siswanto.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, dan mengikuti arahan BPBD serta tetap waspada terhadap gempa susulan, yang umumnya kekuatannya semakin kecil. Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Pendataan kerusakan juga sedang dilakukan di lapangan. (*)

BERITA REKOMENDASI