Ada Terowongan Membelah Bukit, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Rampung 2023

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol Yogyakarta-Bawen akan menghubungkan Joglosemar atau Jogja-Solo Semarang. Selain itu jalan tol sepanjang 75,82 km ini diperkirakan akan rampung tahun 2023 dengan total investasi Rp 14,2 triliun ini akan memberikan kontribusi perekonomian terutama di kawasan Borobudur.

“Pembangunan jalan tol Yogyakarta- Bawen yang dulu hanya angan- angan unyuk melaksanakannya, tetapi sekarang sudah jadi kenyataan. Nanti akan terintegrasi pada tahun 2023 setelah pembangun jalan tol ini selesai,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada acara penandatanganan kontrak tol Yogya-Bawen yang disiarkan secara streaming di Youtube Kementerian PUPR Jumat (13/11).

Dikatakan, pembangunannya jalan tol yang dimulai Agustus 2021 ini akan melintasi tiga tunnel atau terowongan membelah bukit, hal ini agar tidak merusak kondisi alam di lokasi. Adapun lokasi titik tunnel ini yakni Ambarawa dan Temanggung.“Nanti akan ada tunnel atau terowongan , karena saya tidak ingin merusak (objek wisata) Banaran. Ini belajar dari pengalaman sebelumnya ketika membangun Tol Semarang-Solo. Saat itu, banyak bukit terpangkas akibat proyek tol. Saya kira itu tidak akan saya ulangi di Jogja-Bawen ini. Dengan tunnel orang menjadi merasa memang kita di daerah wisata,” katanya.

BERITA REKOMENDASI