AELI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Anggotanya

JAKARTA.KRJOGJA.com – Asosiasi Experiental Learning Indonesia (AELI) berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi pengurus dan anggota perorangan maupun lembaga, demi pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Pada periode kelima kepengurusan ini akan dilakukan peningkatan kompetensi pengurus dan anggota AELI," ujar Ketua Umum DPP AELI, Nurfahmi pada acara pelantingan pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) AELI Periode 2019-2022, di Jakarta, Selasa (07/10/2020).

Dijelaskan Nurfahmi, AELI adalah wadah bagi praktisi dan provider (perusahaan penyedia layanan) program experiental learning (program EL). Di Indonesia, program EL lebih dikenal dengan istilah program peningkatan kapasitas SDM atau capacity bulding.

Program EL masuk di Indonesia sejak tahun 1990 dengan bentuk outdoor based training yang sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi dan membentuk karakter. Saat ini program EL tidak hanya dalam bentuk training saja, tapi juga dibuat dengan bentuk gathering, outing, wisata, games based learning, dan beragam bentuk lain yang mengikuti kebutuhan kekinian akan pembelajaran yang unik, kreatif, dan menyenangkan.

AELI dideklarasikan pada 9 Juni 2007, bersamaan dengan penyelenggaraan Festival Outbound Nasional di Tangerang Selatan, Banten. Sejak berdiri hingga saat ini, AELI telah menjalani 4 periode kepengurusan dan saat ini memasuki periode kelima dengan Ketua Umum, Nurfahmi.

Hingga saat ini, AELI telah berdiri di 18 Provinsi dengan anggota lebih dari 200 lembaga penyedia layanan Experiental Learning dan 1.000 anggota perorangan.

Momen Pelantikan DPP AELI masa bakti 2019-2022 diadakan sebagai sebuah acara seremonial yang menjadi tanda mulainya kerja dari kepengurusan, serta sebagai kesempatan besar bagi AELI untuk mengenalkan secara utuh pada seluruh stakeholder. Dalam momen pelantikan ini juga dilaunching “AELI untuk Negeri”.

Rangkaian acara pelantikan juga diisi dengan diskusi panel dengan tema “Peran Experiential Learning dan Sinergi dengan Bidang Industri Lain dalam upaya Pengembangan Kapasitas SDM Indonesia” untuk mewujudkan VISI AELI untuk Negeri.

DPP AELI akan melanjutkan kegiatan Rakernas dan Training of Trainer (ToT) yang dilaksanakan padan8-11 Januari 2020 di Maqna Ecolodge, Bogor. Salah satu rangkaian acara Rakernas yang akan dilaksanakan terdapat experiential activity dengan Mobile Hunt Indonesia, yaitu city race menggunakan aplikasi yang akan dilakukan selama perjalanan dari Jakarta menuju Maqna Ecolodge, Bogor. (Imd)

BERITA REKOMENDASI