Ainun Naim Dilantik jadi Sekjen Kemdikbud

JAKARTA, KRJOGJA.com – Alumni FEB UGM dilantik menjadi Sekretaris Jendral Kemdikbud. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim di Kemdikbud Jakarta, Senin (16/12 2019 ) malam.

Selain Ainun Naim, Mendikbud juga melantik empat Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud). Empat Pejabat Tinggi Madya Kemendikbud yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 175/TPA Tahun 2019 yang ditetapkan pada tanggal 5 Desember 2019. 

Pembangunan SDM unggul menjadi prioritas pemerintah saat ini. Disebutkan SDM pekerja keras, dinamis, terampil, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemendikbud memiliki peranan penting dan strategis untuk menyiapkan SDM unggul dan berkarakter.

"Saya mohon pejabat yang baru dilantik untuk membuat terobosan yang lompatan besar untuk menjawab tantangan tersebut," disampaikan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya di Grha Utama, kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (16/12/2019) malam. 

Ainun Na'im dilantik sebagai Sekretaris Jenderal menggantikan Didik Suhardi. Guru besar Universitas Gadjah Mada ini sebelumnya memangku jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Kabinet Kerja. 

Kepada Sesjen yang baru saja dilantik, Mendikbud berharap agar semakin mempertajam fungsi koordinasi. Khususnya setelah kembalinya urusan pendidikan tinggi. "Agar program-program kementerian tidak saling tumpang tindih. Benar-benar memberi dampak dan berjalan secara efektif dan efisien," pesan Mendikbud Nadiem. 

Ainun Naim di bidang akademik dan manajemen perbankan tidak bisa dianggap enteng. Pria kelahiran Kediri, 4 Desember 1960 ini telah menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Bank BPD DIY sejak Juni 2009. Dia Menyelesaikan pendidikan sarjana akuntansi di Universitas Gadjah Mada tahun 1984, selanjutnya menyelesaikan Pascasarjana di Western Michigan University, USA dengan gelar MBA pada tahun 1991, dan mendapat gelar Doktor di Temple University, USA tahun 1996.  Bahkan, pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Senior Bidang Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada

Mendikbud mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Sekretaris Jenderal Kemendikbud periode 2014 — 2019, Didik Suhardi. "Saya berharap Bapak terus menyumbang pemikiran dan karya bagi Kementerian maupun bagi bangsa yang tercinta," pesannya. 

Sementara itu, Muchlis Rantoni Luddin dilantik kembali dalam jabatan Inspektur Jenderal (Irjen). Kepada Irjen, Mendikbud berpesan agar Inspektorat Jenderal tidak hanya berperan sebagai pengawas. Tetapi, semakin berperan untuk memperkuat fungsi pencegahan. (Ati)

BERITA REKOMENDASI