Airlangga Hartarto Buka Peluang Kerjasama Pengembangan Vaksin Bersama Singapura

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kerjasama antara Indonesia – Singapura bidang ekonomi kembali dilanjutkan. Komitmen penguatan kerjasama ekonomi bilateral antar kedua negara ini kembali ditegaskan dalam pertemuan antar petinggi kedua negara yang digelar secara virtual pada Jumat (12/03/2021) lalu.

Dalam kesempata ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan pada tahun 2020 investasi Singapura di Indonesia mencapai USD 9,8 miliar. Angka itu meningkat 34 persen jika dibandingkan besaran investasi Singapura pada tahun 2019.

“Investasi Singapura pada tahun lalu mencapai rekor tertinggi dalam 6 tahun terakhir,” kata Airlangga Hartarto dalam pertemuan yang juga dihadiri secara virtual oleh Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo.

Dalam kesempatan ini juga dibahas sejumlah isu strategis lain diantaranya upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 dimasing-masing negara. Airlangga Hartarto juga mengungapkan tak menutup kemungkinan kedepan akan dilakukan kerjasama riset dalam hal pengembangan vaksin. “Hal ini pentung terutama untuk mengantisipasi kemungkinan mutasi Virus Covid-19,” tegasnya

Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat menyambut baik komitmen pemerintah Indonesia untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat dan menarik investasi dari dalam maupun luar negeri. Keseriusan pemerintah itu terlihat dengan adanya UU Cipta Kerja dan peraturan turunannya.

Heng Swee menyanpaikan, pemerinta Singapura sudah menyatakan komitmennya untuk mendatangkan lebih banyak investasi di Indonesia khususnya dalam bentuk foreign direct investment (FDI). Dengan ini jenis investasi yang masuk lebih berkualitas dan berkesinambungan. (Van)

BERITA REKOMENDASI