Airlangga Hartarto Tunjukkan Komitmen Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – UMKM menjadi sektor paling terdampak dalam pandemi Covid-19 yang telah berlangsung satu tahun ini. Jumlahnya mencapai 99% atau 64,2 juta dari seluruh usaha yang beroperasi di Indonesia. Tak heran jika kemudian pemerintah memberikan perhatian khusus pada sektor ini sebagai upaya pemulihan perekonomian.

“Sektor ini berkontribusi 61% bagi PDB Indonesia. Pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi harus dimulai dari sektor UMKM,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangnya, Selasa (16/03/2021).

Sebagai bentuk komitmen dalam pemulihan ekonomi, pemerintah telah menyediakan anggaran yang cukup besar untuk membantu sektor UMKM. Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bentuk bantuan yang diberikan melalui stimulus.

Bantuan yang tersebut berupa subsidi bunga UMKM, bantuan produktif usaha mikro, subsidi imbal jasa penjaminan (IJP). Selain itu ada pula penempatan dana pada bank umum dan insentif pajak untuk restrukturisasi kredit dan dukungan lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI