Airlangga Jamin Tak Ada Krisis Rumah Sakit

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin tidak ada krisis rumah sakit bagi pasien virus corona (covid-19) di Jakarta. Airlangga memastikan pemerintah terus memaksimalkan kapasitas layanan kesehatan di seluruh daerah, termasuk Jakarta.

“Pemerintah menegaskan tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas. Pemerintah sudah punya dana cukup. Pemerintah akan menambah kapasitas bed sesuai kebutuhan dan meyakinkan semua daerah, termasuk DKI,” kata Airlangga.

Kekhawatiran soal krisis rumah sakit ini sebelumnya disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam keterangannya Anies mengaku jumlah tempat tidur di rumah sakit, obat, dan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan mulai terpakai habis.

Airlangga menegaskan bahwa pemerintah pusat selalu memberi perhatian serius terhadap situasi yang saat ini terjadi dan berupaya meningkatkan kapasitas rumah sakit serta fasilitas kesehatan.

Peningkatan kapasitas itu berupa penggunaan hotel hingga memanfaatkan ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet. Nantinya, kata Airlangga, pemerintah akan menggunakan tower lima dan enam di Wisma Atlet untuk merawat pasien yang menjalani isolasi mandiri dan tower tujuh dan delapan untuk pekerja asing.

“Jadi peningkatan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan itu termasuk memanfaatkan hotel bintang dua dan tiga seperti di Sulsel dan ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI