Akhir Tahun 2021, Waspada Gelombang Ketiga Covid-19

MANADO, KRJOGJA.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, Sabtu (9/10/2021), mengunjungi Kota Manado, Sulut. Kunjungan ini untuk meninjau Posko Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19 di ibukota Provinsi Sulut tersebut.

“Saya mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah, termasuk Manado, agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga penularan Covid-19 di Tanah Air yang menurut para ahli dapat terjadi di akhir tahun,” ujar Ganip.

Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 ini mengatakan, ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember. Akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun.

“Pada periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan,” papar mantan Pangdam XIII Merdeka ini.

Di samping itu, akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mana hal itu juga memengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Natal dan Tahun Baru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” ujar Ganip.(*)

BERITA REKOMENDASI