Akselerasi Pencapaian IKU, Dilakukan Inovasi Pembelajaran Digital

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diselenggarakan Inovasi Pembelajaran Digital.

“Kegiatan disekaligus pula bentuk akselerasi pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang telah dicanangkan oleh Nadiem A Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut
serta guna mendukung dosen di Indonesia sebagai dosen penggerak yang memiliki strategi inovasi yang tepat agar dapat mendorong mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang inovatif,” kata Syariful Fahmi MPd, dosen Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (06/11/2021).

Menurut Syariful Fahmi, kegiatan ini diselenggarakan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP-UAD) melaksanakan Hibah Program Pengembangan dan Penyelenggaraan Inovasi Pembelajaran Digital (IPD) diinisiasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ditujukan untuk lebih mendorong dosen dalam menghasilkan beragam model pembelajaran berbasis TIK yang dapat memfasilitasi penyelenggaraan Merdeka Belajar, meningkatkan engagement, dan mampu menjawab tantangan era Industri 4.0 dan dan Society 5.0.

Bentuk penyelenggaraan hibah ini dengan menyelenggaraakan kuliah untuk mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan diikuti oleh mahasiswa semester 1 dari program studi Pendidikan Matematika UAD, Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dan Pendidikan Matematika Universitas Muhamamdiyah Jember.

Pelaksanaaan mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan menggunakan pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning UAD, pembelajaran berbasis open ended project based learning yang sesuai dengan pembelajaran berbasis tim (team-based Project). Untuk mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan topik yang diberikan menggunakan pembelajaran berbasis tim meliputi: pernyataan atau proposisi, pernyataan majemuk dan tabel kebenarannya, tautologi, kontradiksi, pembuktian keabsahan argumen, himpunan, relasi, dan fungsi.

Materi-materi yang diajarkan berangkat dari kasus-kasus atau hal hal yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Ditambakan Syariful Fahmi, pelaksanaan hibah ini dilaksanakan dalam waktu 1 semester yaitu semester gasal tahun akademik 2021/2022, dengen menggunakan elearning.uad.ac.id yang memfasiltasi mahasiswa untuk belajar sinkron maupun asinkron. (Jay)

BERITA REKOMENDASI