Alasan Covid-19, 32 Pekerja Hotel Gran Mahakam Di-PHK

JAKARTA,KRJOGJA.com – Harapan bangkitnya industri perhotelan mulai tampak ketika di Jakarta berlaku PSBB transisi. Sebagian hotel kembali dibuka dan mulai hadir tamu yang menikmati hidangan, menginap dan mengadakan acara walau bersifat mendadak.

Sejak adanya himbauan untuk menjaga jarak sosial (social distancing) yang diteruskan dengan PSBB (pembatasan sosial skala besar), tingkat hunian hotel memang turun tajam. Untuk di Jakarta maksimal 5%. Membuat menejemen hotel mengambil jalan PHK bagi pekerjanya. Setelah seluruh pekerja Hotel Aryaduta Jakarta (270 orang) terkena PHK dengan alasan Covid 19, kini pekerja di Hotel Gran Mahakam Jakarta mengalami nasib yang serupa.

Kuasa hukum pekerja Hotel Gran Mahakam, Odie Hudiyanto mengatakan  di Hotel Gran Mahakam sebaliknya. Jika sebelumnya upah bulanan dan THR dibayar tidak penuh, kini terancam kehilangan pekerjaan. Pihak pengelola hotel “mengambil keuntungan” dari merebaknya virus corona.

“Muhammad Rusli Dkk (32 orang) adalah gelombang pertama yang sudah dipanggil dan diberitahukan terkena PHK. Rencananya Hotel Gran Mahakam akan melakukan PHK massal atas 140 pekerjanya”, ujar Odie dalam rilisnya di Jakarta, Senin (6/7/2020).

BERITA REKOMENDASI