Alat-alat Kerja Langsung Digunakan

Editor: Ivan Aditya

LOMBOK, KRJOGJA.com – Alat bantuan pembaca 'KR' langsung digunakan oleh masyarakat Dusun Karang Pansor Pemenang Lombok utara. Merekapun lantas bergotong-royong membersihkan puing-puing bekas reruntuhan rumah-rumah yang roboh.

"Terima kasih banyak atas segala bantuannya" kata Taufiq Hamid yang merupakan tokoh masyatakat setempat, Rabu (26/09/2018).

Baca juga :

Tenda Bantuan Pembaca 'KR' untuk Mengaji

Puing-puing Reruntuhan Jadi Masalah

Dari Dompet 'KR' Peduli Korban Gempa Lombok, warga dusun tempat tinggal juara lari internasional, Lalu M Zohri ini mendapat bantuan berupa alat angkut Artco, sekop, cangkul,  bodem, palu, linggis dan terpal (masing-masing 5 buah) serta satu unit tenda peleton.

"Terop (tenda peleton) dan alat-alat kerjs sudah kami terima dan kami gunakan. Dan teropnya sudah kami pasang di Masjid Jami'ul Jama'ah Karang Pangsor," kata Ketua Remaja Masjid Jami'ul Jamaah, Edi Sarjono.

Mayoritas rumah di dusun tersebut memang roboh rata dengan tanah sehingga seluruh sudut kampung bertebaran reruntuhan bangunan. Untuk rumah Lalu M Zohri masih berdiri utuh karena terbuat dari bahan kayu, begitu juga rumah keluarganya masih tergolong baru.

Sebelum datang bantuan alat kerja dari KR, belum banyak reruntuhan yang disingkirkan. Hal ini karena minimnya peralatan. Karena itu begitu dapat bantuan tersebut, langsung digunakan.

Setiap hari masyarakat berrgotong-royong membersihkan puing reruntuhan berpindah-pindah. Bekas rumah pun setelah bersih dari puing-puing jadi enak dipandang mata.  Selanjutnya banyak yang mendirikan rumah darurat berbahan terpal di tempat tersebut.

"Sebelumnya setiap malam warga tidur di tenda pengungsian bersama yang cukup jauh dari rumah semula. Sedang kini bisa tinggal di pekarangan rumah sendiri meski rumah hanya berupa terpal," kata Edi Sarjono. (Fie)

BERITA REKOMENDASI