Amerika Diminta Adil Salurkan Vaksin Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berdisuksi dengan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo soal perkembangan perdamaian di Afghanistan. Retno menekankan kepada Pompeo, kepemimpinan Amerika sangat diperlukan demi memuluskan perdamaian di Afghanistan.

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Achmad Rizal Purnama mengatakan kedua menlu juga membicarakan progres kerja sama pengadaan alat bantu pernapasan atau ventilator yang kerap digunakan untuk membantu penyembuhan pasien virus corona (Covid-19).

“Sebagaimana yang telah disampaikan Menlu RI, akhir Mei ini atau awal Juni nanti tahap pertama pengiriman ventilator dari AS akan tiba di Indonesia,” kata Rizal.

Dalam percakapan dengan Pompeo, Retno juga menekankan bahwa AS harus mendukung akses yang adil bagi penyaluran vaksin dan obat-obatan virus corona.

Retno menekankan kembali bahwa vaksin dan obat-obatan virus corona harus bisa diakses oleh seluruh negara, tak terkecuali negara berkembang dan kurang berkembang, dengan harga terjangkau. (*)

BERITA REKOMENDASI