Amien Rais Ingin Ketemu Pimpinan, Ini Kata KPK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons permintaan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, yang ingin bertemu dengan para pimpinan. Rencananya, Amien Rais ingin bertemu pimpinan KPK untuk melaporkan adanya dua tokoh besar yang terseret kasus korupsi.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, pimpinan lembaganya keberatan untuk bertemu dengan Amien Rais. Menurutnya, apabila Amien Rais ingin melaporkan adanya dugaan tindak pidana korupsi, dapat ke bagian Pengaduan Masyarakat (Dumas).

"Kalau ingin melaporkan atau memberi informasi indikasi tindak pidana korupsi bisa disampaikan bagian pengaduan masyarakat atau Dumas KPK," kata Febri saat dikonfirmasi, Jumat (2/6/2017).

Febri memastikan, pimpinan KPK tidak akan bertemu dengan Amien Rais untuk membahas indikasi korupsi ataupun kasus rasuah lainnya. "Ya (pimpinan tidak akan menemui). Untuk pelaporan silakan ke pengaduan masyarakat," ucapnya.

Sekadar informasi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Iskandar Marwanto, menyebut bahwa Amien Rais turut kecipratan aliran dana sebesar Rp600 juta dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan.

Hal itu terungkap saat pembacaan tuntutan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Siti Fadilah Supari, pada Rabu, 31 Mei 2017.‎ ‎Bukan hanya Amien Rais, mantan Ketua Umum PAN, Sutrisno Bachir, juga disebut menerima dana sebesar Rp250 juta dari perkara korupsi ini. (*)

BERITA REKOMENDASI