Andika Perkasa Ubah Strategi Satgas di Papua

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengubah gelar satuan tugas (Satgas) yang berada di Papua dan Papua Barat. Ia berujar gelar Satgas maupun satuan yang ada di Papua harus sama dengan wilayah lain di Indonesia. Hal itu dilakukan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi yang menginginkan kegiatan di Papua berjalan normal.

“Dengan gelar kekuatan TNI normal seperti halnya di provinsi lain, kita juga bisa misal membantu menciptakan keamanan, karena kami dari aspek militernya saja, keamanan yang lebih bagus,” ujar Andika, Sabtu (04/12/2021)

Andika menuturkan perubahan tersebut pada intinya akan mengorganisasi Satgas yang digelar Mabes TNI menjadi satuan-satuan yang melakukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) organik. Satgas yang selama ini digelar di Papua untuk Angkatan Darat menjadi Komando Distrik Militer (Kodim) dengan jajaran di bawahnya yakni Komando Rayon Militer (Koramil). Tupoksinya menitikberatkan pada pembinaan teritorial dan komunikasi sosial.

Andika melanjutkan, untuk unsur Satgas dari Angkatan Udara menjadi bagian dari Pangkalan Udara atau Lanud dengan tupoksi pembinaan potensi kedirgantaraan dan komunikasi sosial. Sementara untuk Satgas yang digelar dari Angkatan Laut menjadi Pangkalan Laut atau Lanal dengan tupoksi pembinaan potensi kemaritiman dan komunikasi sosial. (*)

BERITA REKOMENDASI