Anies Tegaskan Stok Beras DKI Aman

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Gubernur DKI Anies Baswedan memanen padi di areal persawahan kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/01/2018). Anies menegaskan bahwa Jakarta tetap akan memprioritaskan pemanfaatan beras domestik sebagai bahan pangan pokok. Stok beras diklaim cukup selama beberapa bulan ke depan.

"Arahan kita adalah memang menggunakan beras domestik. Kita pakai dulu dan mudah-mudahan ini tercukupi beberapa bulan kedepan, sekaligus nanti Food Station mengamankan suplai sepanjang tahun," kata Anies.

Anies memanen panen padi di areal persawahan, Jalan Inspeksi Sisi Timur BKT, Cakung. Adapun jenis benih padi yang ditanam adalah Inpari 22. "Di lokasi ini ada sekitar tiga hektare. Ahamdulillah, ditanam bulan Oktober-November dan sudah panen kira-kira lima ton per hektarnya," kata Anies.

Anies mengatakan, saat ini ada 300 hektar sawah di Ibu Kota, termasuk lokasi yang ia datangi pagi ini. Usai menanam padi, Anies berpesan agar warga sama-sama menyadari bahwa Jakarta merupakan sebuah ekosistem lengkap, di mana ada lahan pertanian yang harus dijaga dan dimanfaatkan.

Anies kini tengah menyiapkan program edukasi bagi generasi muda tentang pentingnya bertani. Dia telah memerintahkan Dinas Pendidikan DKI dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI untuk bekerja sama dengan jajaran kepala sekolah di Jakarta supaya mengajak anak didiknya datang ke lokasi dan memanfaatkan lahan bertani sebagai pembelajaran. (*)

BERITA REKOMENDASI