Anugerah Pahlawan Inspiratif 2021, KH Abdul Muhaimin Tokoh Keragaman

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – KH Abdul Muhaimin mendapat anugerah Pahlawan Inspiratif 2021 untuk kategori Tokoh Keragaman. Penganugerahan penghargaan ini dilakukan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) pada Malam Apresiasi Budaya untuk Pahlawan; Pahlawanku Inspirasiku, Selasa (30/11) malam di Auditorium Abdurahman Saleh Gedung RRI Jakarta Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 Jakarta Pusat.

KH Abdul Muhaimin yang juga Koordinator Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) DIY kepada KRJOGJA.com, Rabu (01/12/2021) menjelaskan, penentuan penerima penghargaan Anugerah Pahlawan Inspiratif 2021 ini atas usulan dari Kepala RRI Stasiun Yogyakarta. Dalam piagam penghargaan disebutkan, KH Abdul Muhaimin merupakan Tokoh Keragaman utusan Korwil Nusantara XI RRI Yogyakarta.

“Tentu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala RRI Stasiun Yogyakarta yang tanpa sepengetahun saya telah mengusulkan saya ke pusat sehingga memperoleh award yang cukup prestisius ini,” kata KH Abdul Muhaimin yang juga pengasuh Ponpes Nurul Ummahat Kotagede.

Selain KH Abdul Muhaimin, penghargaan juga diberikan kepada NI Nyoman Tjandri dengan Tari Arja Bali (Kategori Karya seni Inspiratif) dan Gestianus Sino dengan kategori Tokoh Pembangkit Kewirausahaan (pemuda penggerak UMKM nasional). Para pemenang merupakan hasil Keputusan Rapat Panitia dan Dewan Juri pada 16 November tentang Pemilihan Pahlawan Inspiratif RRI tentang Kriteria dan Komponen Penilaian Pemilihan Pahlawan Inspiratif RRI, serta Keputusan Dewan Juri pada 27 November tentang Pemilihan Pahlawan Inspiratif RRI.

Dijelaskan, dalam pengumuman dewan juri juga disebutkan, proses penjurian melewati diskusi panjang yang bisa dipertanggungjawabkan ketika memilih 3 orang di antara utusan lain dari seluruh Indonesia.

“Dalam penganugerahan penghargaan ini saya dengan kapasitas tokoh keragaman dan mewakili Yogya yang merupakan multikultural, Indonesia mini dan city of tolerance. Mestinya masyarakat Yogya juga cukup bangga terwakili dengan keragaman yang melekat pada saya. Yogya memang spesifik sekali dan luar biasa. Kita harapkan segenap warga Yogya bisa memelihara keberagaman ini, baik di aras agama, budaya, politik, entisitas dan sebagainya,” paparnya.

Menurut Plt Direktur Utama LPP RRI, Hari Sudaryanto, para tokoh dan karya yang diikutsertakan dalam Malam Anugerah Pahlawan Inspiratif pilihan RRI merupakan hasil kiriman setiap Koordinator Wilayah (Korwil) Stasiun RRI. Masing-masing mengirimkan atau mengusulkan tiga kandidat. Ada tiga kategori calon Pahlawan Inspiratif pilihan RRI, yakni pertama, tokoh yang aktif memperjuangkan dan menggerakkan semangat kebangsaan, perdamaian, dan keberagaman (multikultural).

Kedua, Karya Seni yang mengandung pemahaman Pancasila, dengan bentuk Seni Suara, Paduan Suara, Lukisan, Konten Digital, Puisi, Konten Media Sosial, Seni Tradisional, atau bentuk seni lainnya, dan semua karya itu menarik serta telah dipublikasikan. Ketiga, tokoh/orang/pelaku usaha sukses, yang membangun wirausaha atau menggerakkan wirausaha dengan melibatkan orang di sekitarnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI