April 2018, Uji Coba Penempatan TKI di Timteng

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah akan melakukan uji coba penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) pekerja rumah tangga (PRT) di beberapa negara di Timur Tengah (Timteng) mulai April 2018-April 2020.

"Uji coba itu akan kita lakukan selama dua tahun dan jika tidak ada masalah dengan TKI kita, maka kita akan memperluas negaranya untuk uji coba yang selanjutnya dibuka secara resmi penempatan di Timteng," kata Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Ditjen Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kerja, Kemnaker, Soes Hindharno di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Alasan dilakukan uji coba penempatan TKI PRT ke sana, menurutnya, karena setiap bulan marak pengiriman secara ilegal TKI PRT. Selain itu, melihat begitu banyaknya orang Indonesia mencari kerja dan ingin bekerja di luar negeri, terutama Timteng. 

Ternyata, kata Soes permintaan tenaga kerja termasuk dari Indonesia oleh negara-negara Timteng tinggi. Sebagaimana diberitakan sejak Mei 2015, pemerintah melalui Kemnaker menghentikan pengiriman TKI ke negara-negara Timteng. Penghentian pengiriman itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 260 tahun 2015 tengang Penghentian Pengiriman TKI PRT ke Timteng. (Ful)

BERITA REKOMENDASI