Arief Hidayat Resmi Jadi Hakim MK

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan Arief Hidayat menjadi Hakim Konstitusi 2018-2023. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 139/P/2017 tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi dan ditandatangani 18 Desember 2017.

Arief mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah pejabat yang hadir. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Arief di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/03/2018).

Setelah itu, ia bersama Presiden Jokowi menandatangani berita acara. Delapan hakim konstitusi lainnya tampak menyertai pengambilan sumpah jabatan Arief. Beberapa di antaranya seperti Saldi Isra, Anwar Usman, dan Maria Farida. Tampak hadir pula Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Di tengah derasnya desakan mundur terhadap dirinya, Arief tetap dilantik untuk menjadi Hakim Konstitusi di periode kedua. Sementara posisi ketua MK belum ada yang menjabat. Pada April mendatang, para hakim konstitusi akan memilih ketua MK yang baru. (*)

BERITA REKOMENDASI