Arus Balik, Kemenhub Minta Pemudik Pakai Rest Area Maksimal 1 Jam

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, hari ini pergerakan lalu lintas terpantau lancar dari Tol Cikampek, Cipularang, maupun Merak. Demikian pula dengan daerah Nagrek yang pada hari sebelumnya terpantau cukup padat, tapi hari ini sudah lancar. 

Sekretaris Jendral Kemehub Sugihardjo mengatakan, Tol Cikampek, Cipularang, dan Merak lancar, lainnya halnya dengan tol sebelum Cikampek, yakni Cikopo-Palimanan (Cipali) yang macet hingga 15 kilometer (km) tepatnya di rest area KM 130.

"Pada saat itu terdapat kemacetan justru sebelum Tol Cikampek yaitu Tol Cipali yaitu di rest area 103, antrean ke belakang itu sampai 115, jadi sekira 12 km. Kemudian di rest area ‎130 antrean ke belakangnya 145, kira-kira 15 kilometer kemacetannya," ungkapnya di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Jumat (30/6/2017). 
Karena kemacetan ini, Kemenhub pun mengimbau masyarakat agar memerhatikan dua hal selama melakukan arus balik. Yakni tidak terlalu lama berada di rest area dan bagi masyarakat yang belum masuk rest area, jika kena antrean, diharapkan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya yang ingin melintas. 

"Pertama yang sudah berada di rest area secukupnya, paling banyak 1 jam, sudah cukup, karena masih ada pengguna lain yang membutuhkan. Selanjutnya, bagi masyarakat yang belum masuk rest area perhatikan jangan sampai Anda mengantre, terus memblok jalan, jadi ikuti instruksi petugas jika diminta melanjutkan perjalanan untuk pada rest area berikutnya," tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI