ASEAN Kini Miliki Sekjen Baru

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Jenderal ASEAN baru, Lim Jock Hoi, berjanji memperkuat kapabilitas organisasi regional tersebut sehingga dapat terus menjadi penggerak ekonomi di kawasan, bahkan global.

"Kami ingin memperkuat institusi ASEAN dan konektivitas masyarakatnya supaya bisa mempertahankan ASEAN sebagai penggerak ekonomi dan integrasi di kawasan,” kata Lim dalam pidato perdananya di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat (05/01/2018).

Diplomat senior asal Brunei Darussalam itu resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN ke-14, menggantikan Le Luong Minh dari Vietnam, yang telah menyelesaikan masa jabatannya pada 31 Desember 2017.

Mantan Sekretaris Tetap Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Brunei itu mengatakan banyak prestasi yang telah dicapai ASEAN selama periode kepemimpinan sebelumnya sehingga dianggap menjadi salah satu pemain penting dalam ekonomi global.

Lim menuturkan, semakin besarnya peran ASEAN membuat tantangan sekaligus kesempatan bagi organisasi beranggotakan 10 negara ini semakin besar. Menurutnya, saat ini adalah waktu tepat bagi ASEAN mempersiapkan masyarakatnya untuk memastikan kawasan bisa terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. (*)

BERITA REKOMENDASI