Asian Games, Menteri Siti Minta Pertamina Pasarkan BBM Euro 4

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya telah meminta Presiden Joko Widodo untuk mendorong penggunaan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas Euro 4.

Permintaan ini tertuang dalam surat rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dengan penggunaan bakar bensin berkualitas Euro 4 selama penyelenggaraan Asian Games pada bulan Agustus 2018 dan pertemuan IMF-World Bank di Bali pada bulan Oktober 2018. 

Siti mengatakan, penggunaan BBM di bawah kualitas Euro 4 akan berpengaruh pada kualitas lingkungan, sebab mengandung limbah logam berat.

"Karena itu kan limbah ya, logam berat, jadi itu sudah aturan. Dan kalau kita pakai oktan yang lebih tinggi itu (kandungannya) lebih rendah dan itu sebetulnya ke kualitas lingkungan," ungkap Siti di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Menurutnya, saat ini sejumlah negara telah memberlakukan aturan penggunaan BBM berkualitas Euro 4. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang tertinggal untuk lakukan aturan ini.

"Kita mungkin sekarang yang belakangan ya. Mungkin tinggal kita sama Myanmar. Yang lain udah semua ke Euro 4," ujarnya

Dia pun mengatakan, dalam surat rekomendasi tak pernah meminta secara spesifik jenis BBM yang harus digunakan, hanya meminta yang berkualitas Euro 4. Soal kepastian jenis BBM-nya, hal itu diserahkan kepada Pertamina yang dinilainya lebih mengerti soal tersebut.

" Saya minta fasilitas untuk Euro 4, jadi saya nggak sebut secara spesifik premium atau apa. Silahkan saja Pertamina yang tau tetapi bahan bakar yang Euro 4 selama asian games itu dipakai," jelasnya.

Sementara itu, Pertamina sendiri menindaklanjuti surat rekomendasi tersebut dengan mendorong penggunaan BBM berstandar Euro 4 yaitu produk Pertamax Turbo, terutama pada saat perhelatan Asian Games dan IMF World Bank.

"Kita sekarang lebih mendorong penggunaan BBM oktan tinggi Euro 4," ujar Vice President Communication Corporate Pertamina Adiatma Sardjito di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin 26 Maret 2018.

Sekadar informasi, dalam surat KLHK kepada Presiden Jokowi terdapat tiga poin yang disampaikan. Tujuan daripada penulisan surat tersebut adalah mendorong terciptanya kualitas udara sesuai dengan standart WHO bagi penyelenggara event internasional.

Dengan mempertimbangkan kondisi udara di Indonesia, maka KLHK memberikan beberapa rekomendasi, salah satunya adalah penggunaan BBM standar Euro 4 yaitu Pertamax Turbo guna mengurangi tingkat polusi. (*)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI