Asops Panglima TNI Tutup Latma Gema Bhakti

JAKARTA (KRjogja.com) – Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A., dan Adjutant General Hawaii National Guard Brigadier General Arthur Joe Logan, menutup Latihan Bersama (Latma) Staff Exercise (Staffex) Gema Bhakti yang berlangsung dari tanggal 25 Juli s.d. 2 Agustus 2016 di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (02/08/2016).

 Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A, dalam sambutannya mengatakan bahwa Latma Gema Bhakti merupakan kegiatan yang diinisiasi TNI bersama US PACOM untuk menyelenggarakan satu latihan bersama untuk melatih personel kedua angkatan bersenjata.   

"Latihan gabungan semua matra ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dalam merespon permintaan bantuan dari sebuah negara di kawasan yang tertimpa bencana. Inisiatif ini diwujudkan dalam bentuk latihan Gema Bhakti yang digelar sebagai latihan tahunan TNI-US PACOM,” ujarnya.

 
Menurut Mayjen TNI Agung Risdhianto, Latma Gema Bhakti yang kita laksanakan tahun ini adalah Gema Bhakti 2016 Staffex yang merupakan latihan keempat kalinya antara TNI dan US PACOM beserta unsur Garda Nasional Hawaii.  Sejak pertama kali digelar pada tahun 2013, Latma Gema Bhakti telah mengalami perkembangan dari yang semula tema latihan hanya fokus pada bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, kini telah menjadi lebih luas namun lebih aplikatif.

"Latma kali ini lebih sejalan dengan semua tujuan strategis kerjasama bilateral TNI-US PACOM yang mencakup bantuan kemanusiaan, keamanan maritim, operasi perdamaian, kejahatan lintas negara seperti penanggulangan terorisme, kejahatan cyber, pandemi dan senjata pemusnah massal,” kata Asops Panglima TNI. (*)

TNI

BERITA REKOMENDASI