Aspek Keselamatan Maskapai Berbiaya Murah Jadi Perhatian Pemerintah

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menanggapi instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengetatan manajemen keselamatan penumpang ke seluruh maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pihak operator maskapai untuk mementingkan aspek standar keselamatan.

"LCC dengan yang lain sama, enggak ada perbedaan bahwa LCC itu mesti lebih rendah (secara biaya) dan lain sebagainya. Standar keselamatannya itu sama dengan yang lain, itu utamanya," tegas dia di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Sebelumnya, Jokowi sempat meminta Menhub Budi untuk segera melakukan tindakan pasca insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Karawang pada Senin 29 Oktober 2018 lalu. Salah satunya yakni dengan memperketat manajemen keselamatan penumpang ke seluruh maskapai penerbangan.

"Saya sampaikan sekali lagi kepada Menteri Perhubungan, agar memperketat manajemen keselamatan penumpang, manajemen keamanan pesawat, betul-betul yang selalu saya sampaikan," ujar dia.

Sementara terkait penerbangan LCC, Jokowi mengatakan, semua negara memiliki penerbangan berbiaya murah. Sehingga, lanjutnya, hal itu tak boleh dijadikan acuan faktor penyebab terjadinya musibah kecelakaan pesawat.

"Yang paling penting, bagaimana manajemen keselamatan penumpang itu betul-betul terus diperketat. Sekarang kita sedang konsentrasi kepada pencarian korban dan pesawat (Lion Air JT 610)," pinta Jokowi.

Lebih lanjut, Menteri Budi menyatakan, pihaknya saat ini tengah memproses permintaan Jokowi terkait evaluasi keamanan dan keselamatan maskapai penerbangan berbiaya rendah. "LCC sedang dalam proses," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI