Asrama Haji Bakal Dijadikan Tempat Isolasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, para pekerja migran Indonesia, pelajar, dan jemaah tabligh akbar yang pulang ke tanah air akan diisolasi sementara. Pemerintah telah menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi sebagai lokasi isolasi WNI yang baru kembali dari luar negeri saat pandemi virus Corona.

“Presiden sudah menyetujui asrama haji, seluruh ABK, pelajar, jemaah tabligh kembali ke Tanah Air ditampung di satu kawasan sehingga memudahkan pengawasan dan kontrol,” kata Doni.

Menurut dia, para anak buah kapal (ABK) yang pulang ke Indonesia saat ini diisolasi di sebuah hotel. Namun, Doni menyebut petugas medis mengalami kesulitan untuk mengawasi secara optimal.

“Dengan izin (Presiden) menggunakan Asrama Haji baik Pondok Gede maupun Bekasi unsur kontrol lebih baik,” ucapnya.

Nantinya, WNI yang dinyatakan dua kali negatif setelah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Sementara, WNI yang positif usai dites akan dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

“Dan juga yang di Batam, akan dibawa ke Pulau Galang. Sementara di Jawa Timur akan dalam proses menyiapkan ruang isolasi,” ujar Doni. (*)

BERITA REKOMENDASI