Atasi Disparitas Harga Logistik di Timur RI, Pemerintah Terapkan Ini

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan peran transportasi udara dalam poros maritim nasional Indonesia sangatlah penting.

Budi Karya mengungkapkan, salah satu program yang dicanangkan oleh Kabinet Kerja adalah meningkatkan aksesibilitas orang dan barang di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan aset laut. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk Poros maritim Nasional.

Program tersebut tidak hanya memanfaatkan moda transportasi laut, tapi juga transportasi udara, khususnya helikopter berperan dalam mewujudkan poros maritim nasional.

“Kita tahu saat ini ada disparitas harga logistik yang ada di wilayah timur dan barat dan di wilayah timur sangatlah memprihatinkan. Hanya aviasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat (4/11/2016).

Menurut Menhub, dibutuhkan kerja sama semua pihak khususnya pilot-pilot Indonesia untuk mewujudkan program konektivitas yang menggabungkan rute-rute tol laut, short sea shipping dan rute perintis udara khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat yang diutamakan untuk distribusi logistik sehingga disparitas harga di wilayah tersebut dapat diturunkan. (*)

BERITA REKOMENDASI