Atasi Drone, Prancis Sebar Elang

PARIS (KRjogja.com) – Militer Prancis mempersiapkan cara baru untuk melindungi acara-acara penting dari gangguan pesawat tanpa awal atau drone dari kelompok-kelompok teroris. 

Cara yang dipilih untuk mengatasi ancaman tersebut adalah dengan menggunakan elang. Surat kabar Negeri Mode L’Express melaporkan, angkatan udara Prancis tengah melatih sejumlah elang untuk memburu drone.

“Elang-elang itu bisa digunakan pada acara besar seperti peringatan 14 Juli, pertemuan G20 atau konferensi internasional seperti COP21 baru-baru ini,” kata juru bicara angkatan udara sebagaimana dilansir dari Russia Today, Sabtu (19/11/2016). 

“Dalam situasi tertentu, seperti saat kepingan drone mungkin jatuh ke kerumunan orang, drone itu tidak dapat ditembak jatuh. Elang dapat mencegat drone tersebut tanpa menimbulkan kerusakan yang lebih besar,” tambahnya. 
Program ini baru dimulai pada musim semi tahun ini setelah para pelatih mendapatkan telur-telur elang dan latihan baru dimulai pada musim panas setelah burung-burung pemangsa itu sudah cukup besar. Para pemburu drone tersebut diperkirakan akan siap beraksi pada musim panas tahun depan. 

Elang-elang tersebut telah dilatih dengan meletakkan makanan pada drone, sehingga mereka akan segera mencegat jika melihat ada pesawat nirawak. Tidak hanya itu, angkatan udara juga melatih agar elang mereka tidak hanya dapat menyerang tapi juga dapat mendeteksi drone yang ada di sekitar. (*)

BERITA REKOMENDASI