Atasi ketidakpastian Pasokan dan Harga, Pemerintah Andalkan Kemitraan Closed Loop

TASIKMALAYA, KRJOGJA.com – Sektor Pertanian di tahun 2020 merupakan satu-satunya sektor yang tumbuh positif sebesar 1,75% dengan kontribusi sebesar 13,70% terhadap PDB nasional, terbesar kedua setelah sektor industri pengolahan (19,88%). Sub sektor hortikultura menunjukkan pertumbuhan tertinggi dibanding komoditas pertanian lainnya, yaitu tumbuh 4,17%, dengan kontribusi sebesar 11,84%. Sedangkan sub sektor tanaman pangan tumbuh 3,54% dan sub sektor perkebunan tumbuh 1,33%.

Di sisi lain, komoditas hortikultura masih sering menghadapi persoalan missmatch antara produksi dan pemasaran yang terjadi karena adanya time lag yang cukup panjang antara waktu penanaman dengan saat produk dikonsumsi. Dengan begitu, petani belum dapat memenuhi keinginan pasar. Akibatnya, baik petani maupun konsumen sering menghadapi ketidakpastian pasokan dan harga.

Untuk mengatasi ketidakpastian tersebut, pemerintah menyelenggarakan acara Penanaman Perdana Program Kemitraan Closed Loop Komoditas Hortikultura di Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3).

BERITA REKOMENDASI