Australia Hibahkan Rp1,11 Miliar untuk Sanitasi

Editor: Ivan Aditya

SERANG (KRjogja.com) – Kedutaan Besar Australia memberikan bantuan hibah program sanitasi dan air bersih melalui progran Australia-Indonesia Infrastruktur Grants for Sanitation (AIIGS) senilai Rp1,11 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Banten.

Bupati Serang Ratu Tahu Chasanah mengatakan, kabupatennya adalah satu dari 43 pemda yang mendapatkan bantuan program AIIGS. “Kita jadi yang pertama dapat merealisasikan pencairan program ini, dari sekian daerah yang mendapatkan juga,” katanya, Kamis (11/8/2016).

Melalui program ini, lanjut dia, Pemkab Serang menargetkan 2.580 keluarga mendapatkan sambungan sanitasi. Sebanyak 650 telah dilaksanakan, 563 sambungan telah diperiksa, serta 278 di antaranya sudah melalui proses verifikasi untuk pembayaran hibah.

Selain hibah infrastruktur sanitasi, Pemkab Serang juga telah menerima hibah air minum sebanyak 4 ribu sambungan pada 2010 hingga 2011 dan 3 ribu sambungan pada 2012 sampai 2017.

Sementara itu, Minister Counsellor for Economic Infrastruktur and Governance (Development Cooperation), Steven Barraclough mengatakan, kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan masyarakat. Perlu ditumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi untuk kesehatan.

"Ini adalah untuk masyarakat kita ingin membantu melalui pemerintah lokal, di mana dari pemerintah yang ingin, niat untuk menjalankan program ini," ujarnnya.

Steven mengapresiasi Pemkab Serang yang sudah menjalankan program tersebut. "Kita sangat senang melihat Kabupaten Serang atau Banten ini yang sangat maju, terutama dalam menjalankan program ini, "tukasnya (*)

BERITA REKOMENDASI