Awal 2017, Pencabutan Subsidi Listrik 900 Va Dilaksanakan

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah tetap akan mencabut subsidi listrik bagi golongan 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori mampu secara bertahap, untuk mengurangi beban masyarakat. Pencabutan subsidi rencananya akan diusulkan ke DPR.

Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman dalam keterangannya mengatakan, pencabutan subsidi listrik untuk golongan pelanggan 900 VA yang masuk dalam kategori mampu merupakan bagian dari penyaluran subsidi tepat sasaran. Tujuannya agar penikmat subsidi adalah masyarakat yang benar-benar berhak.

Sebelum menerapkan pencabutan subsidi listrik 900 VA, pemerintah akan‎ berkonsultasi terlebih dahulu dengan DPR. Namun, pemerintah berharap pencabutan subsidi listrik bisa dimulai awal 2017.

"Pencabutan 900 VA kita akan bicarakan dengan DPR lagi, pemerintah mantapkan tarif listrik sesuai dengan DPR, kita ajukan lagi penyesuaian. Untuk subsidi tepat sasaran diharapkan awal 2017," kata Jarman di Jakarta, Jumat (5/8/2016). (*)

BERITA REKOMENDASI