Awasi Dana Pendidikan, Mendikbud Gandeng KPK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mendikbud Muhadjir Effendi ,Selasa (8/1 2019) menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta bantuan mengawasi pemanfaatan anggaran  2019.

Mendikbud mengatakan kedatangannya hari ini selain untuk bersilaturahmi dengan pimpinan KPK, namun juga untuk memperketat pengawasan terhadap pemanfaatan anggaran pendidikan tahun 2019.

"Selain itu kedatangan Mendikbud  untuk memberikan apresiasi kepada KPK yang telah paling tidak tahun 2018 telah menorehkan pesan yang tersendiri bagi Kemendikbud. Banyak kasus korupsi di bawah sektor pendidikan yang bisa diselesaikan atau bisa ditangani oleh KPK," ujarnya.

Penyelesaian kasus korupsi di ranah pendidikan oleh KPK dinilai memiliki daya efek jera yang menurutnya bagus untuk penegakkan hukum.

Mendikbud  Muhadjir  berharap hal ini akan terus dilakukan pada tahun 2019 ini.  Kemendikbud bersama KPK juga akan meningkatkan kerja sama pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang ada di lembaga ini.

"Kami bisa bergabung dan yang sudah bergabung akan kita lengkapi. Kami akan sempurnakan, sehingga untuk pengawasan dan pengendalian terhadap penggunaan anggaran, termasuk pencegahan dan penindakannya nanti bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tandasnya. 

Adapun Ketua KPK Agus Raharjo mengatakan ,mudah-mudahan kita bisa lebih bekerja sama dengan Kemdikbud,supaya dana pendidikan yang cukup besar 20 persen dari APBN kita itu nanti dengan kerja sama yang lebih efektif akan bisa lebih baik dampaknya kepada dunia pendidikan kita," jelas Agus.
Ia menambahkan dalam pembicaraannya bersama Mendikbud, banyak agenda yang dirancang antara lembaga antirasuah dengan kementerian ini.
"Banyak hal yang akan kita harmoniskan. Mudah-mudahan nanti kita segera bisa membuat sistem yang lebih baik," ungkap Ketua KPK.
(Ati)

 

BERITA REKOMENDASI