Ba’asyir Terima Remisi Idul Fitri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Abu Bakar Ba’asyir mendapatkan remisi di khusus Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, Rika Aprianti, membenarkan hal tersebut.

Ba’asyir mendapatkan pengurangan masa penahanan selama 1 bulan 15 hari. Ia ditahan di Lapas Gunungsindur Bogor, Jawa Barat. “Ba’asyir 1 bulan 15 hari,” kata Rika.

Rika menerangkan alasan pemberian remisi karena telah berkelakuan baik dan tidak melanggar peraturan. “Tidak melanggar peraturan di dalam yang sesuai dengan diterapkan baik persyaratan administratif maupun substantif untuk memenuhi mendapatkan remisi Idul Fitri tahun ini,” tutur Rika.

Ba’asyir merupakan terpidana kasus terorisme yang dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Pada 2019, sempat ada wacana pemerintah akan memberikan pembebasan bersyarat terhadap Ba’asyir karena masalah kesehatan.

Namun, pembebasan bersyarat itu akhirnya dikaji ulang. Sedangkan masa pidana Abu Bakar Ba’asyir akan selesai pada 3 Januari 2022. (*)

BERITA REKOMENDASI