Bahas Terorisme, Dubes Denmark Sambangi BNPT

JAKARTA (KRjogja.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, menerima kunjungan resmi Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge. Kunjungan pemerintah Denmark ke BNPT ini adalah untuk bertukar informasi mengenai penanganan dan kerjasama penanggulangan terorisme. 
 
“Dubes Denmark datang kesini (BNPT) untuk sharing informasi mengenai terorisme. Mereka apresiasi sekali dengan Indonesia dan juga ingin melakukan kerjasama dalam penanggulangan terorisme,” ujar Komjen Pol. Suhardi Alius di kantor perwakilan BNPT di salah satu Gedung Kementerian di Jakarta, Jumat (25/11/2016).
 
Dikatakan Kepala BNPT, dalam beberapa tahun belakangan ini, pemerintah Denmark juga telah mengidentifikasi adanya radikalisme di negaranya dan itu menurutnya sebagai ancaman serius. Karena pada bulan Januari 2015 lalu, salah satu situs pendukung ISIS juga mendeklarasikan bahwa Denmark juga menjadi target serangan.
 
“Bahkan menurut Dubes Denmark, hingga April 2016 lalu, ada sejumlah 125 orang warga negara Denmark yang diduga telah berada di wilayah konflik di Suriah dan Iraq. Dan sekitar 62 orang diantaranya juga telah kembali. Dan itu menjadi masalah besar bagi pemerintah Denmark,” ujar mantan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhanas_ ini. 
 
Mantan Kabareskrim dan Kapolda Jawa Barat ini menjelaskan bahwa pada bulan April 2016 lalu, polisi di kota Copenhagen, Denmark sudah menangkap sebanyak empat orang anggota Foreign Terrorist Fighters (FTF) yang kembali ke Denmark. 
 
“Orang-orang yang ditangkap polisi Denmark tersebut dicurigai telah melanggar hukum setempat ketika berada di wilayah konflik.  Dan Polisi Denmark juga menemukan amunisi dan senjata saat penangkapan tersebut,” ujar alumni Akpol tahun 1985 ini. (*)
 
 

BERITA REKOMENDASI